Rabu, 14 Desember 2011

apa itu Streetball ?

 Mungkin temen-temen udah sering denger istilah streetball, namun belum paham betul apa itu streetball sebenarnya. Kami dari Sportku.com akan membantu menjelaskannya.



Street sendiri dalam bahasa Indonesia berarti jalan, ball artinya bola [basket], ketika kata street dan ball digabung, secara translation memang artinya olahraga bola basket yang dimainkan di jalanan. Tapi bukan arti secara harafiah saja yang dimaksud dengan streetball disini.


Olahraga streetball yang berasal dari negeri Paman sam ini adalah variasi dari olah raga bola basket yang biasa digelar di lapangan terbuka dan di fasilitas umum lainnya. Dalam olahraga streetball, kebebasan eksplorasi dan ekspresi sangatlah dijunjung tinggi.


Streetball tidak terlalu terkekang dalam peraturan bola basket pada umumnya, sehingga memungkinkan setiap pemain dalam streetball dapat menampilkan ketrampilan individu yang tidak terbatas dan lebih menghibur.


Dalam permainan basket ala streetball ini para seniman-seniman streetball terus berekspresi lewat trick-trick yang sudah ada atau bahkan mengkombinasikan trick-trick tersebut untuk mendapatkan sesuatu yang baru.


Namun para streetballer tidak meninggalkan dasar-dasar permainan bola basket itu sendiri, karena permainan streetball akan lebih indah dan menghibur jika sang streetballer memiliki dasar-dasar bola basket yang baik juga.


Jadi sebelum melakukan trick dalam streetball lebih baik sudah menguasai betul dasar-dasar/basic bermain olahraga basket itu sendiri.


Perkembangan streetball tanah air pada saat ini cukup menggembirakan karena mulai bermunculan klub-klub streetball dan juga event pertandingan untuk streetball itu sendiri bahkan salah satu pelaku streetball nasional Richard “Insane” mendirikan sekolah khusus streetball di Jakarta dan Bandung, untuk mewadahi para penggila streetball nasional.



Sumber : Sportku.com

0 komentar:

Posting Komentar

Template by : Bit-XP